selamat datang ......



Assalamu alaikum warahamatullahi wabarakatuh….Puji syukur kehadirat Allah SWT,salawat pada Nabi Muhammad SAW, selamat datang, diruang warna warni ini mohon tinggalkan saran agar blog ini makin indah

Kamis, September 25, 2008

mandar dalam telaah kritis

SEBUAH REFLEKSI KRITIS TENTANG MANDAR
Oleh :Ishak Ngeljaratan
(Sumber : Kumpulan Makalah Seminar Sehari Menggagas Perubahan Nama Kabupaten Polewali Mamasa Pasca UU 11 2002 Oleh DPD KNPI Polewali Mandar)

1. Yang Ringan dan Menarik
1.1 Masalah nama
Jika ada orang yang ditanya, “dari mana?” Dia mungkin menjawab, “dari Mandar” Jawaban yang demikian biasanya lanjut disusul dengan pertanyaan, “Mandar mana. Majene atau Polewali.” Yang ditanya akhirnya bisa menjawab secara pasti. “dari Polewali” atau “dari Majene” Dapat disimpulkan bahwa Mandar secara geografis tidak sebatas dengan wilayah keresidenan (Kabupaten) Polewali atau Majene, atau mungkin tidak sebatas kedua wilayah ini secara simultan, melainkan seluas wilayah yang diperjuangkan menjadi Provinsi Sulawesi Barat (Provinsi Sulbar). Dengan kata lain, dalam konteks geografis dan bukan konteks kultural, istilah Mandar mencakup seluruh wilayah sulbar. Mungkin juga bisah diterima bahwa secara kultural dan terbatas, Mandar mencakup masyarakat Polewali, Majene, dan Mamuju. Jadi ada Mandar Polewali, ada Mandar Majene, dan ada Mandar Mamuju. Karena itu, Mandar, dalam Konteks Kultural, lebih sempit dari pada mandar dalam jangkauan makna geografis. Dalam konteks geografis, Provinsi Sulbar tidak hanya dihuni oleh masyarakat Mandar Polewali, Mandar Majene, dan masyarakat Mandar Mamuju, melainkan juga oleh masyarakat suku Toraja di Kabupaten Mamasa.
1.2 Fama dan Stigma
Orang luar Sulsel pada umumnya sudah mengenal Mandar dalam bingkai yang prestisious atau famous (fama = nama tenar karena baik) dalam kaitan dengan ungkapan-ungkapan seperti “Sarung Mandar,” “minyak goreng Mandar,” dan “Pisang Mandar.” Tempo doeloe, yang disebut sarung Mandar yang dicari-cari pembeli pastilah bermutu, baik dari segi kainnya, maupun dari segi tata wakna khas yang anti-luntur. Sarung Mandar menjadi primadona bagi pasar kain sarung di seluruh nusantara. Namun, penjiplakan nama sarung Mandar dan Pengatasnamaan jenis sarung ini demi laris di mata pembeli akhirnya melunturkan posisi sang primadona.
Tempo doloe, sebelum meluasnya pemasaran minyak goreng (Kelapa Sawit) asal fabrik dengan berbagai trade mark dan kemasan, minyak goreng Mandar yang paling digemari karena hasil olahan dalam suhu tinggi yang lama, juga karena aromanya yang merangsang nafsu makan. Selain itu, pisang Mandar yang dijual di pasar adalah pisang yang memang sudah tua atau bahkan sudah masak di pohon dan bukan pisang muda yang dikarbit sehingga tampak tua dan menarik.
Mandar juga sangat dikenal, terutama dalam kaitan dengan obat-obatan tradisional masyarakat Sulsel. Namun, Mandar dalam stigma tertentu dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu pusat pengobatan black magic yang amat ditakuti karena tinggi khasiat dan mujarabnya. Pelembekan kepala terhadap lawan yang ingin disengsarakan atau jenis black magic yang lain (di samping adanya white magic yang menjadi lawan terhadap black magic) menjadi cerita yang lazim terdengar.
2. Sistem Nilai Budaya dan Seni
2.1 Nilai Budaya
Pada suatu saat Baharuddin Lopa ditanya, “mengapa menurut pendapat atau penilaian banyak orang. Pak Lopa adalah tokoh yang jujur dan berani. Almarhum Baharuddin Lopa menjawab, andaikan pertanyaan mereka itu benar, maka mungkin saya jujur dan berani justru karena saya ini orang Mandar, ketika hal ini ditanyakan kepada penyair nasional asal Mandar, Husni Djamaluddin, pernyataan Lopa itu dibenarkannya. Apa yang dia ucapkan, dia sudah lakukan. Satunya kata dengan perbuatan adalah nilai utama masyarakat Mandar yang dapat disampaikan dengan “lempu” (makna yang mencakup nilai kelurusan, kejujuran, keadilan, dan keikhlasan).
Hanya orang yang jujurlah yang dapat memelihara sifat berani, kesatrian, keteguhan pendirian, dan kekayaan nama baik. Jika seorang terus-menerus jujur dan adil di dalam mencari nafkah, di dalam berpolitik, di dalam bergaul, di dalam beragama, dan di dalam segala jenis kegiatan, maka orang demikian secara kumulatif akan berhasil membangun citra dirinya sebagai orang yang bermartabat dalam arti punya kemuliaan dan kehormatan sebagai manusia yang diciptakan sesuai dengan “divine image” atau citra Iiahi. Hanya bermartabatlah benar-benar”atau” atau manusia yang punya “siri” Dengan kata lain, orang yang punya “siri” adalah manusia sejati yang punya kehormatan dan kemuliaan sebagai akibat aktualisasi “lempu” dalam seluruh proses hidupnya.
Tidak cukup atau tidak memadai dan bahkan terancam martabat atau harga diri seseorang sebagai manusiajika siri-nya tak bisa dipertahankan dan dipelihara serta kualitasnya gagal ditingkatkan.”siri” seseorang hanya bisa terjaga dan terangkat kualitasnya, jika keutamaan yang dimilikinya diabdikan juga bagi orang lain berdasarkan “pacce” Sikap kepedulian tinggi pada nasib orang lain dibuktikan dengan mengabdikan kekayaan, kepandaian, kesalehan, dan kelebihan lain yang dimilikinya untuk memperbaiki nasib orang lain, terutama nasib mereka yang lemah, teraniaya, dan ditinggalkan. “Sipakatao” dan “Sipakalebbi” adalah contoh sikap dan perbuatan yang dapat menjaga dan bahkan dapat meningkatkan kualitas siri. Semakin memberi kelebihannya bagi orang lain, semakin tinggilah kehormatan dan kemuliaan (siri) seseorang sebagai manusia dan hamba Allah di bumi.
“Lempu, siri-na-pace” harus ditopang oleh penggeledahan diri secara terus-menerus untuk mendeteksi pelanggaran yang mungkin telah dilakukan terhadap “lempu” dan terhadap “siri-na-pacce.” Pelanggaran terhadap nilai “lempu” harus disadari sebagai “rasa bersalah” yang menuntut pemulihan terhadap “lempu” melalui penyesalan dan pertobatan. Pelanggaran inilah yang mengamcam siri seseorang yang akhirnya menyebabkan sesorang itu bukan saja merasa bersalah sehingga ingin bertobat.melain kan juga merasa malu. Dia merasa malu karena merasa bersalah setelah tidak berlaku jujur dan adil. Namun, dia juga akan merasa malu karena sudah tidak berbuat kebaikan bagi orang lain yang membutuhkannya. Seorang ,yang punya “siri” sebagai akibat dari akumulasi perbuatan baik yang “lempu,” akan merasa malu jika tidak berbuat baik kepada orang lain. Dia akan merasa malu memamerkan kemewahan di tengah orang miskin. Dia akan merasa malu karena pandai sendiri di tengah masyarakat yang bodoh, juga malu jika salah sendiri di tengah masyarakat yang hidup ternista dan terhina dekadensi moral yang dialaminya. Perasaan prihatin dan peduli demikian bersendi pada rasa “pacce”. Pada akhirnya, seorang yang merasa bersalah dan merasa malu akan juga merasa takut jika berbuat salah dan melanggar rasa malu. Rasa takut inilah yang memagari seorang untuk tidak berbuat sesuatu yang melanggar “lempu, siri, dan pacce”. Nilai budaya “lempu” dan “siri-na-pacce” dapat dinyatakan sebagai inti nilai dengan istilah yang berbeda-beda menurut bahasa komunitas etnis di Sulsel. Nilai “tiga utama” ini ditopang oleh tiga nilai penopang, yaitu “rasa bersalah, rasa malu, dan rasa takut” yang ditegakkan oleh setiap pelaku budaya Mandar (Sulsel) secara kreatif –dinamis , konsekuan, dan konsisten. Ketig nilai “Lempu, siri-na-pacce” sebagai satu unit sistem nilai kultur sangat nyekrup dengan nilai-nilai ajaran agama Langit (Yahudi,Nasrani, Islam). Seorang pelaku budaya Mandar dapat terus-menerus mengaktualisasi ajaran agama dan budaya secara saling menunjang. Lambat laun, nilai-nilai budaya akan larut di dalam nilai ajaran agama (Islam) sehingga nilai budaya dan islam tidak bagaikan minyak dan air, melainkan bagaikan gula dan yang menyatu.
2.2 Seni
Tanpa hasil penelitian mendalam dan meluas atau tanpa membaca serta menyimak seluruh hasil penelitian tentang seni dan budaya Mandar, mustahil dapat dilahirkan karya tulis yang memadai. Namun, dalam batas makala pengantar diskusi atau makala pemicu, catatan ini diharapkan dapat diterima sebagai umpan pancingan untuk memancing hal-hal lain dalam kaitan dengan tema pertemuan. Beberapa cabang seni Mandar dapat dikemukakan disini hanya semata-mata sebagai sample dari sekian banyaknya jenis seni milik masyarakat secara turun-temurun. Masihkah masyarakat Mandar ingin menghiduokan kembali nilai-nilai utama, yang tetap relevan menembus saman dengan berbagai tantangan baru, sebelum di berdayakan. Tanpa budaya yang sudah berdaya, mustahil bisa diberdayakan. Buadaya tanpa daya tak bisa di berdayakan. Lebih parah lagi budaya yang belum berdaya hendak di berdayakan oleh manusia yang tercabut dari akar budayanya sendiri atau oleh masyarakat yang kurang secara kultural.
(a) Musik dan Lagu
Irama musik dalam lagu-lagu mandar secara spesifik mencerminkan setting laut. Deburan ombak, riak gelombang yang dinamis, hempasan ombak dipantai dan geliat ombak gelombang yang diterbangin angin lembut atau badai bisa dirasakan pada melodi laut di dalam lagu-lagu Mandar yang cenderung eksotik, romantis, dan sentimentil. Lagu-lagu Mandar sering dan selincah lagu-lagu Maluku, namun sekaligus selembut irama agraris lagu-lagu Bugis meski tidak sedinamis lagu-lagu Makassar yang terkesan agak cepat dan kekurangan kelembutan. Bandingkan lagu “Tengga Tengga Lopi” dengan “Baturate Maribulang”.
Jika terdengar lagu “Tengga Tengga Lopi”terkesan suasana kelautan dan kebebasan orang Mandar, bukan saja sebagai pelaut dengan perahu “Lopi” –nya yang digunakan untuk menjinakkan samudera dan mengembara ke segala penjuru, melainkan juga mengungkap gaya kebebasan hidup orang Mandar yang pantang dibelenggu. Selain Perahu Lopi, Parahu Sande’ pun. Dalm ukuran yang jauh lebih kecildaripada Lopi digunakan secara luas oleh warga masyarakat untuk mencari nafkah dan mengangkut barang kebutuhan sehari-hari dari pulau ke pulau atau laut ke pantai dan desa. Perahu Sande’ pernah di pamerkan di Paris, Perancis 1997 dan bahkan di jadikan Maskot Pameran Bahari 1997 selam 11 bulan di Paris.
(b) Sastra
Masyarakat Mandar pun kaya dalam kehidupan bersastra, terutama sastra jenis pantun, kalindada. Bentuk sastra ini bersampiran dan berisi. Sama dengan elong Bugis, Kalindada juga terdiri atas 8-8-4-8 suku kata dalam selarik di dalam sebaik yang terdiri atas larik. Jika dilagukan, maka larik ketiga yang hanya terdiri atas 4 suku kata biasa ditambah dengan bunyi penyedap (aule/kodong dsb) sehingga bentuknya menjadi 8-8-8-8. Selain keindahan struktur, makna yang disampaikan juga bermacam. Ada yang religius, sosial kemasyarakatan, cinta, aat istiadat, terutama dalam ritual perkawinan. Banyak nilai moral yang dikemas didalam Kalindada meski sering karena ketrebukaan watak orang Mandar, maka ekspresi Kalindada pun cenderung mendetil (terinci) atau dalam bentuk bahasa telanjang sehingga secara implekatif dapat mengundang sekian banyak tafsir, termasuk tafsir yang miring. Tafsir yang menganggap bahasa telanjang sebagai sesuatu yang bermuatan pornografi.
(c) Seni Tari
Tari-tarian mandar sebagaimana tari lain di daerah Sulsel pada mulanya berawal dari istana. Namun, tari-tarian yang difungsikan sebagai bagian ritual dari kerajaan akhirnya menjadi tari rakyat yang bukan hanya bertujuan memberikan rasa hormat pada raja sebagai representasi dari dewata, melainkan menjadi tari rakyat yang memberi hiburan yang sehat.
Tari “Patadu” menampakkan suasana langit-bumi yang menyatu dalam gerak kaki para penari yang tak terlepas dari bumi, dan pada saat yang sama pasangan tangan mereka menari-nari bukan tanpa kebebasan, namun kebebasan dengan kendali nilai budaya oleh gerakan yang menandakan adanya aturan yang harus ditaati. Musik yang menggebu-gebu tak mampu memancing emosi para penari untuk ikut-ikutan bergoyang menurut irama gendang. Para penari terkesan menari secara lemah lembut menantang iramagendang yang penuh dengan geliat yang dinamis. Hal yang sama bisa ditemukan pada tari “Pakarena” di dalam seni tari Bugis-Makassar.
2. Konteks Politik Masa Kini
3.1 Mandar dan Sulbar
Selam dua tahun terakhir, sangat kencang terdengar tuntutan pemekaran Provinsi Sulsel menjadi sejumlah provinsi. Tuntutan awal yang sangat menonjol terhadap berdirinya provinsi baru dengan nama Provinsi Sulawesi Barat atau Provinsi Sulbar dicetuskan oleh masyarakat Mandar. Berdirinya Sulbar sebagai provinsi baru menuntut pemekaran kabupaten sebagai prerequisite yang harus dipenuhi sesuai dengan undang-undang. Karena itu, Kabupaten Polewali –Mamasa dimekarkan menjadi Kabupaten Polewali dan Kabupaten Mamasa.
Usul agar kabupaten diubah menjadi Kabupaten Mandar sebaiknya diubah menjadi “KABUPATEN MANDAR POLEWALI” karena kemungkinan masih akan ada Kabupaten (Mandar-)Majene, dan Kabupaten (Mandar-)Mamuju, sedangkan Kabupaten Mamasa tetap saja Kabupaten Mamasa tanpa embel-embel lain seperti Mandar karena mayoritas masyarakat Mamasa termasuk masyarakat Toraja Barat. Bisa saja orang Mamasa yang ingin mengubah nama Kabupaten Mamasa menjadi Kabupaten Toraja Mamasa. Kata Toraja menunjukkan etnis budayanya, sedangkan Mamasa menunjukkan ikatan politik atau ikatan geografis yang menjadi tumpuan bagi institusi pemerintahan didalam wilayah Provinsi Sulbar yang akan dibangun. Karena itu, tak mengherankan bahwa para tokoh pendiri Provinsi Sulbar tidak menjadikan Sulbar Provinsi Mandar seakan-akan Provinsi Sulbar hanya khusus bagi masyarakat Mandar karena Kabupaten Mamasa aadalah juga bagian tak terpisahkan dari Sulbar.
3.2 Faktor Keadialan dan Sentralisme Kekuasaan
Desentralisasi dan Otonomisasi daerah (Otoda) harus diakui adalah sebuah proses yang bertolak belakng dari sentralisasi kekuasaan yang otoriter. Sentralisme kekuasaan dalam tangan penguasa yang otoriter telah menguasai masyarakat nusantara yang majemuk yang hidup di berbagai kepulauan nusantara yang bertaaburan diatas samudra. Mayarakat nusantara mengalami perlakuan yang tidak adil. Jalan keluar dari ketidakadilan adalah desentralisasi kekuasaan dan otonomisasi daerah. Dengan kata lain, otoda adalah anak kandung dari usaha untuk memerangi ketidakadilan dan usaha untuk mengendorkan kuatnya matarantai kekuasaan otoriter yang membelenggu rakyat atau masyarakat nusantara.
Bukan mustahil, lahirnya rencana Provinsi Sulbar adalah juga didasarkan pada reaksi politik terhadap ketidakadilan dan management pemerintahan daerah yang meniru-niru pusat. Kehadiran Provinsi Sulbar diharapkan dapat menjamin penegakan keadilan oleh pemerintah Provinsi (Sulbar) terhadap kabupaten-kabupaten hasil pemekaran.
Kata kunci bagi pengembangan Provinsi Sulbaryang sudah lama ditunggu follow-up hukum/undang-undang dan politiknya adalah “demokrasi, keadilan, dan kemajemukan.” Demokrasi menuntut dihormatinya perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang yang melibatkan masyarakat dengan background multi-ethnic yang saling berbeda. Perbedaan itu akan hadir dan menjadi sesuatu kenyataan hidup yang mempesona jika nilai keadilan justru menjadi kekuatan yang menjamin kerukunan hidup bagi masyarakat yang pluralis.
Catatan Tambahan
Catatan ini masih jauh dari target sebuah tulisan ideal, namun diharapkan bahwa kelanjutan diskusi akan menyempurnakan apa yang belum atau yang tidak diungkap dalam tulisan pendek ini.

Rabu, September 24, 2008

Ramadhan Bulan Harapan

aku akan bercerita sedikit tentang penhalaman pribadiku seputarramadhan

" kata orang ramadhan bulan berkah+ ditandai dengan adanya lailatul qadar. tpi aku orang awam g tau menau tentag lailatul kadar, sdikit g suka dengan orang yg bisnis amal. maksudnya ngaji, tarawih Dlll karena itung itung amal. bagi aku itu terlalu matrealis. pengen ibadah klw ada amalnya.sama aj dengan anak kecil yag mau ikut perintah ibunya asalkan dikasih uang jajan. bagi aku ibadah harus IKHLAS, kita pasrahkan pada Allah apa yg terbaik untuk kita menurut DIA. "
berdasarkan persepsi itu aku mengubah cara berdoaka selama ini ' contoh dalam hal jodoh" dulu aku sering berdoa kurang lebih begini" Ya Allah Pertemukan aku dengan orang yg soleh yang mampu membimbibg aku untuk lebih dekat denganmu'" redaksinya demikian tapi yang terbayang dalam pikiran dengan katab" shaleh adalah orang yg berjanggut, pakai gamis tipa hari,kopia, selalu shalat jmaah dimasjid, bisa ceramah Dlll) aku rupanya memberikan defenisi shaleh pada tuhan yg meski tak terucap tapi Allah mampu embaca fikiranku.
padahal aku hanya seorang hamba ,aku g berhak membatasi kehendak tuhan.
namnun pada ramadhan 1428 H/2007 aku mulai merenung daan mengoreksi dengan doa yng kupanjatka selama ini" dengen redaksi kurang lebih begini: Ya Allah "ramadhan adalah bulan berkah" jiak engkau izinkan jadikan ramadhan ini ramadhan terkahir bagiku membujang, temukan aku jodohklu dengan siapapun yang terbaik untukku disisiMu.doa itu terus aku panjatkan, tak ada lagi pembatasan.ikhlas dan pasrah akan apapun yang Allha berikan. karenaa tidak selamaya yg kita anggap baik jg baik untuk kita disisi Allah. Alhamdullliah, habis ramadhan bulan 10, tahun berganti 4 blan kemudian pada bulan 2 thun 2008 aku bertemu dengan orang yag dikirim kn Allah padaku, awalnya aku tidk mengenal dia (Suamiku saat ini) sama skali. Hanya sebulan kami kenal kemudian dia ke orang tuaku (tanpa peraantara) melamar aku, hanya selang 10 hari setelah dia melamar kemudian akad nikah dilansungkan.orang tua restu sepenuh hati.ramadhan kali ini kembali aku berdoa jika ini terbaik untukku dissiMu ya Alalh aku ign kau iznkan aku tuk jadi ibu. titipkan keturunan dirahiku. amiiiiin

Ramadhan membawa Berkah

horeeee..... aku bisaaa....

mungkin ini terlalu sedrhana ,tpi bagi aku ini luar bisa, betul betul berkah ramadhan, bagaiman tidak, setelah kurang lbih 4 bulan aku habis bli motor( baru lho) buka segel , heheheh bcanda. barulah kemarin aku bisa mengendarai sendiri, bukan ,buakn karena di monopoli sama suami ataw dilarang ma suami tpi karena aku ndiri kagak tau ngendarainya, pernah sih dulu ,itu dulu. waktu aku amsih SMA aku prnah bisa, tpi gara gara aku pernah jatuh aku jadi trauma, blm lagi waktu aku lecelakaan mobil, dalam perjalanan polmas - mamuju (pengen kekaltim lg) eh mobil yg aku tumpangi masuk jurang,alhamdulillah aku g apa. cuma efekx trauma berkepanjangan boooooo waktu itu klw g salah thun 2007.
nak kmarin tiba tiba aku iseng nongkrong di motr yglagi standar miring, g lama aku minta suami ajarin,eh txt dia mau. 3 hari aku blajar alhamdulllah aku dah bisa nyebrang jalan .. hehehhe.
Bnarx keinginan tuk bisa ngendarai motor ndiri dah lama, blm lgi klw kepla sekolah turs manas mansin aku, tuk blajar,katanya repot klw bendahara g tau naik motr.
hemmmm, doain yah moga lancar lancar aja. selamat ampe tujuan. (he Mank mw kmana?) eh ...met berpuasa, g lama lgi idul fitri perlancar ibadahnya yh

Contoh RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.1

Sekolah :SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran :Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester :VIII/1
Standar Kompetensi:1. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
Kompetensi Dasar:1.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
Indikator
· Menjelaskan pengertian iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
· Membaca dalil naqli tentang Kitab-kitab Allah SWT
· Menjelasakan perbedaan kitab dengan suhuf
Alokasi Waktu :2 X 35 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
Mengimani Kitab-kitab Allah SWT,
Membaca dalil naqlinya serta
Memahami perbedaan antara kitab dengan suhuf.
Materi Pembelajaran
Pengertian iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
Kata Iman sudahsering kita dengar,artinya adalah percaya .iman kepada kitab-kitab Allah berarti percaya dan yakin dengan sepenuhhati bahwa Allah menurunkan wahyu kepada Rasul-Nya berupa kitab-kitab untuk pesoman hidup ummat-Nya
Dalil naqli Iman Kepada Allah:
Taurat :Al-Isra ayat 2

. Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku.
Zabur,QS.Al Isra’ ayat 55

55. Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud.
Injil: Q.S Al- Maidah ayat 46

46. Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.
Al-Qura.an ;Surah Yusuf ayat 2

12. Biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi, agar dia (dapat) bersenang-senang dan (dapat) bermain-main, dan sesungguhnya kami pasti menjaganya."
Perbedaan kitab dengan suhuf
Kitab adalah kumpulan firman Allah yang telah dibukukan atau di jilid sesagkan suhuf adalah firman Allah yang tertulis dan masih berupa lembaran lembaran.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT dengan memaparkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan kitab-kitab Allah.
Siswa menelaah perbedaan antara kitab dengan suhuf.
Sumber Belajar
· Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
· Buku Pendidikan agama Islam Bermuatan budi pekerti dan HAM untuk SLTP Kelas I, Departemen Agma; Jakarta; balai Pustaka Cet ke empat 2004
· Buku Aku Cinta Islam PAI SMP Jakarta :2005 Penerbit Cempaka Putih
· Pedoman Belajar agama Islam Untuk SLTP :Tim Abdi Guru: Erlangga 1999

Kegiatan Penutup
Penilaian
Teknik
Tes tertulis
Bentuk Instrumen
Tes uraian

Instrumen
1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT!
2. Jelaskan pengertian kitab Allah !
3. Jelasakan perbedaan kitab samawi dengan kitab ardhi!
4. Tulislah dalil naqli tentang kitab Allah !
5. Jelaskan perbedaan antara kitab dengan suhuf!

Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran




M. Arafah, S.H.I Syahida Said, S.Pd.I
NIY: D - 01 NIY: D-15

Senin, September 22, 2008

Tips

IPS AGAR TETAP BUGARDI RAMADHAN

Buat anda yang banyak aktifitas pada bulan ramadhan namun harus tetap berpuasa, berikut tips bugar dari bu UchiBahan:Delapan batang kangkung cabutMadu satu sendokCara membuat;Cuci bersih ke 8 kangkung tersebut,tumbuk akar,batang dan daunya,tumbuk hingga halus,tambahkan 1/2 gelas air hangat lalu peras airnya, air perasaannya dicampurkan dengan madu satu sendok makan .minum pada saat mnjelang sahur

Rangga

By;IIs Puspita sari*
Rangga
adalah pemuda yang hidupnya tidak kurang dari sedikit harta benda apa pun,ia tampan,disukai banyak wanita dikampusnya.meski hidup rangga bahagia,kerjaannya hanya berboros dengan teman-teman nya.orang tuanya pun tak suka melihat tingkah laku anak keduanya itu.“rangga mama dan papa sudah ngga kuat dengan perilaku mu ini “! kata mama “ia, rangga tirulah kakak mu bram,sifatnya jauh beda dengan sifatmu ! lanjut papa.Namun rangga tetap diam karena asyik nonton TV.pagi pun tiba keluarga kaya raya itu sedang makan pagi,tiba –tiba rangga turun dari tangga dan terus menuju ke pintu.“rangga mau kemana kamu ? Tanya mama. “ya mau kekampus lah,emang nya mau kedesa ! jawab rangga. “kamu ngga sarapan dulu ? Tanya mama nya lagi “ngga,rangga makan dikampus aja nanti. rangga berangkat ya ma,pa.”balasnyarangga bergegas kemobil dengan sangat cepat tak terasa ia sampai dikampusnya.“hai rangga baru datang ya ? Tanya fira temannya .”iya nih,gue mau kekantin dulu, gue lapar nih “ balas rangga. sesampai nya dikantin ia memesan makanan karena terburu-buru makanan yang ia bawah tumpah. “emangnya enak ya,kasihan de…kamu makanya kalau jalan tu liat-liat gini kan jadinya ! kata ningsi anak baru di kampus itu.Ningsi pun pergi meniggalkan rangga “eh, awas lho ..nanti gue bakalan balas perbuatan lo..liat aja ! kata rangga.rangga pun pergi sambil mencari nengsi “tiba-tiba ia melihat nengsi di warung, ia pun mengikutinya dan menguncikan nengsi dari luar.Nengsi pun berteriak minta tolong. “tolong…..tolong…apa ada orang diluar ,tolong buka gue terkunci ni “teriak ningsi “rasain kamu emangnya enak dikerjain .”kata rangga.dua jam berlalu tiba-tiba fira menuju ke wc.dan mendengar suara teriakan minta tolong,ia pun membukakan pintu wc. “sukurlah kamu datang,tau ngga udah dua jam gue terkurung dalam wc makasihnya,kenalkan gue ningsi gue anak baru disini,gue duluan ya. “kata ningsi. “siapa situ cewe gila kali “balas fira. Keesokan hari nya nengsi datang kekampus dengan menaiki mobilHai Nengsi kenapa wajah kamu pucat banget sich..kamu sakit ya ?”Tanya dewi .“nggak,kemarin aku dikunciin di wc dari luar’’ balas ningsih.Ha ,… di kunciin?? siapa orangnya?” tanya dewi“mana aku tau?”tiba – tiba ranggga lewat di depan ningsi, “Hai.. Kamu cewek yang kemarin terkunci dalam WC khan”? ha..ha..”, namun ningsi pergi meninggalkan Rangga. “Ih.. dasar cewek murahan”, olok Rangga. Ningsi membalikkan badannya menuju ke arah rangga,maksud ningsi ia akan menampar Rangga,namun saat hendak menampar ia lalu jatuh pingsan, Ranggapun menahan badan ningsi, ningsi lalu di larikan UKM, disana hanya Dewi yang menjaganya,kini ningsi tinggal bersama Dewi. saat ningsi sudah sadar, Dewi menceritakan siapa yang menolongnya tadi, “ha..apa gue nggak salah dengar, nggak mungkin sich…,dia yang nolongin gue, selama ini gue dan dia musuhan, gue yakin ia yang ngunciin gue”, kata ningsi. “Gue keluar dulu yac,,ntar,, gue kesini lagi, kamu jangan kemana- mana yach“ pinta Dewi saat pamit, sejenak kemudian Rangga datang “Ningsi gue minta maaf atas kelakuan gue ma kamu, gue berjanji nggak bakalan ngerjain lho lagi karena gue akan pergei ke belanda, disana mungkin gue berubah” kata Rangga, “iya bagus deh..jawab nigsi ketus, “Gue serius minta maaf ma kamu” sahut Rangga, “kayaknya gue mau muntah dech..kalau gue liat muka lu di sini terus”, ningsi kembali ketus,”ya udah ini hari terahir gue bisa ngerjain kamu “ balas Rangga, “rangga pun pergi meninggalkan ningsi, keesokan harinya ningsi berjalan-jalan di kampus sambil mencari rangga tapi tak ketemu “ningsi...nengsi…” teriak Dewi, “kenapa sich kamu teriak teriak gitu” tanya ningsi, “itu rangga ada di kantor dosen dia mau kebelanda sekarang” kaat Dewi, ”ha..yang serius???”..”ya udah kita kesana yu”, balas ningsi, sesampainya disana ”ningsi menghampiri rangga, “ada apa ningsi Tanya Rangga, “benaran kamu mau ke belanda”? Tanya nengsi “makanya gue pamit dulu balas Rangga” “,kamu jangan pergi, jangan tinggalkan kampus ini pinta ningsi, “nggak bisa, orang tuaku udah nungguin” jawab Rangga, ranggapun pergi meninggalkan ningsi, namun begitu Rangga menghampiri orangtuanya,“Rangga kita nggak jadi kebelanda” karena papa di tugaskan di sini,kamu nggak marah kan sayang?”kata mama rangga, “yang benar ma?, Tanya rangga,“Rangga masuk dulu yach ma, balas rangga, rang pun berlari mengejar ningsi tiba tiba ia melihat, Ningsi duduk sendiri di taman ,”kenapa sic..rangga ninggalin gue, kanapa juga gue merasa kehilangan, apa gue…??????*adalah cerpenis dari kelas III SMP Islam

kearifan lokal

Nyanyian Mandar yang Religius

.1. Bismilla urunna elong
Bungasna pau pau
Salama’ nasang
Inggannana mairangngi
Dengan nama Allah awal nyanyian
Pangkal setiap ucapan
Semoga segenap hadirin
Selamat sentosa bagi yang mendengarkan

2. Manu-manu di Suruga
Saicco’pole boi
Mappettuleang
To sukku’ sambayanna
Burung indah penghuni Syurga
Senantiasa datang mengintai
Mengintai dan memperhatikan
Mereka yang sempurna menegakkan shalat
3. Ahera’ oroang tongan
Lino dindandi tia
Borong to landur
Leppang dipettullungngi
Kampung akhirat tujuan akhir
Dunia hanya pinjaman
Ibarat musafir
Sekedar singgah untuk berteduh
4. Meillong domai ku’bur
Sola sulo’o mai
Oroang ku’bur
Ta’lalo mapattanna
Dunia kubur memberi isyarat
Hendaklah anda siapkan obor
Sebab disana di liang kubur
Gelap gulita tiada taranya

5. Sambayang ditia tu’u
Namaka di pesulo
Kedo macoa
Namaka di pekasor
Sembahyang itulah yang paling baik
Dijadikan obor dalam kegelapan
Karya yang mulia Bakal yang cocok dijadikan kasur.

Minggu, September 21, 2008

curhat lg

Dydha yang baik,gini bu aku lagi punya problem, ada cowok yang suka ma akusebut saj namanya si”A”tapi aku g suka ma dia bis di orangnya “Nakal”,aku udah ngejelasin kedia kalau aku g bisa menereimanya tapi dia tetap ngotot bahkan pake janji segala kalu dia akan mengubah sifat buruknya demi aku,duch...bu aku bingung kalau aku tolak dia aku takut dia nekat karena aku dah ngecewain perasaanya, kaluu aku trima itu tidak mungkin karena aku ga suka sama dia. Jadi gimana donk bu moga ibu bisa bantu aku ( dari “R” di “D”)Jawab: ananda “R” di “D” menghadapi masalah seperti ini memang agak rumit juga ibarat makan buah simalakama.tpi sebenarnya ada hal yang kamu perlu garis bawahi, bahwa seandainya ia betul mau berubah, ia g mesti menunggu kamu cinta ma dia sehingga harus mengubah sifatnya. Sebelum dia menyatakan cinta, ia mesti mengubah sifat dulu. Kalau hanya alasan itu ia berubah ibu yakin suatu saat sifat nakalnya akan kambuh lagi, setelah ia dapatkan kamu. mengubah sifat itu susah,butuh waktu lamaJadi kamu g usah pikirkan hal itu,anggap saja angin lalu .ingat jangan mencintai seseorang hanya karena iba. N jangan sampai matamu di butakan oleh cinta monyet. Ibu hawatir kalian terjebak dengan kata cinta padahal mungkin sebenarnya itu bukan cinta.saya “Z” saya mau curhat nich bu,Soal Ortu saya, yang saat ini lai broken home, sebagai anak hal ini tentu bikin saya jadi pusing,mau ikut siapa,apa saya harus ikut ayah atau ikut ibu saya sementara ibu akan keluar dari kota tempat saya sekolah,dan saat ini saya sedang tinggal dengan nenek,oh iya bu, kedua orang tua saya masing masing sudah menikah lagi.( dari “Z” di “D”)Jawab: Ananda “Z “di “D” masalah yang kamu hadapi adalah masalah yang sangat berat,memberikan jawaban pun mesti hati hati, sebenarnya pilihan itu ada di tangan kamu ,siapa yang menurut kamu lebih banyak memberikan dampak positif dalam hidupmu,tapi meskipun demikian kamu sekali-kali tidak boleh memutuskan tali silaturrahmi dengan mereka, kalupun saat ini kamu sedang tinggal dengan nenek mungkin itu adalah pilihan tepat tuntuk sementara waktu, atau kamu minta pertimbangan dari nenek kamu bagaimana meurut mereka jalan terbaik, dan jangan lupa mintalah petunjuk dari Yang Maha Kuasa di setiap Doa ahir shalatmu.Moga kamu tabah dalam menjalani masalah ini

Jejak Nabi II

NABI ADAM AS.(Iblis Mulai Beraksi)Sesuai dengan ancaman yang diucapkan ketika diusir oleh Allah dari Syurga akibat pembangkangannya dan terdorong pula oleh rasa iri hati dan dengki terhadap Adam yang menjadi sebab sampai ia terkutuk dan terlaknat selama-lamanya tersingkir dari singgahsana kebesarannya.Iblis mulai menunjukkan rancangan penyesatannya kepada Adam dan Hawa yang sedang hidup berdua di syurga yang tenteram, damai dan bahagia. Ia menyatakan kepada mereka bahawa ia adalah kawan mereka dan ingin memberi nasihat dan petunjuk untuk kebaikan dan mengekalkan kebahagiaan mereka.Segala cara dan kata-kata halus digunakan oleh Iblis untuk mendapatkan kepercayaan Adam dan Hawa bahawa ia betul-betul jujur dalam nasihat dan petunjuknya kepada mereka.Ia membisikan kepada mereka bahwa.larangan Tuhan kepada mereka memakan buah-buah yang ditunjuk itu adalah karena dengan memakan buah itu mereka akan menjelma menjadi malaikat dan akan hidup kekal.Diulang-ulangilah bujukannya dengan menunjukkan akan harumnya bau pohon yang dilarang indah bentuk buahnya dan lazat rasanya.Sehingga pada akhirnya termakanlah bujukan yang halus itu oleh Adam dan Hawa dan dilanggarlah larangan Tuhan. Allah mencela perbuatan mereka itu dan berfirman yang bermaksud: "Tidakkah Aku mencegah kamu mendekati pohon itu dan memakan dari buahnya dan tidakkah Aku telah ingatkan kamu bahawa syaitan itu adalah musuhmu yang nyata." Adam dan Hawa mendengar firman Allah itu sedarlah ia bahawa mereka telah terlanggar perintah Allah dan bahawa mereka telah melakukan suatu kesalahan dan dosa besar.Seraya menyesal berkatalah mereka:"Wahai Tuhan kami! Kami telah menganiaya diri kami sendiri dan telah melanggar perintah-Mu karena terkena bujukan Iblis.Ampunilah dosa kami karena nescaya kami akan tergolong orang-orang yang rugi bila Engkau tidak mengampuni dan mengasihi kami." Adam dan Hawa Diturunkan Ke Bumi. Allah telah menerima taubat Adam dan Hawa serta mengampuni perbuatan pelanggaran yang mereka telah lakukan hal mana telah melegakan dada mereka dan menghilangkan rasa sedih akibat kelalaian peringatan Tuhan tentang Iblis sehingga terjerumus menjadi mangsa bujukan dan rayuannya yang manis namun berancun itu.Adam dan Hawa merasa tenteram kembali setelah menerima pengampunan Allah dan selanjutnya akan menjaga jangan sampai tertipu lagi oleh Iblis dan akan berusaha agar pelanggaran yang telah dilakukan dan menimbulkan murka dan teguran Tuhan itu menjadi pengajaran bagi mereka berdua untuk lebih berhati -hati menghadapi tipu daya dan bujukan Iblis yang terlaknat itu.Harapan untuk tinggal terus di syurga yang telah pudar karena perbuatan pelanggaran perintah Allah,hidup kembali dalam hati dan fikiran Adam dan Hawa yang merasa kenikmatan dan kebahagiaan hidup mereka di syurga tidak akan terganggu oleh sesuatu dan bahawa redha Allah serta rahmatnya akan tetap melimpah di atas mereka untuk selama-lamanya.Akan tetapi Allah telah menentukan dalam takdir-Nya apa yang tidak terlintas dalam hati dan tidak terfikirkan oleh mereka. Allah s.w.t.yang telah menentukan dalam takdir-nya bahwa bumi yang penuh dengan kekayaan untuk dikelolanya,akan dikuasai kepada manusia keturunan Adam memerintahkan Adam dan Hawa turun ke bumi sebagai benih pertama dari hamba-hambanya yang bernama manusia itu.Berfirmanlah Allah kepada mereka:"Turunlah kamu ke bumi sebagian daripada kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain kamu dapat tinggal tetap dan hidup disan sampai waktu yang telah ditentukan."Turunlah Adam dan Hawa ke bumi menghadapi cara hidup baru yang jauh berlainan dengan hidup di syurga yang pernah dialami dan yang tidak akan berulang kembali.Mereka harus menempuh hidup di dunia yang fana ini dengan suka dan dukanya dan akan menurunkan umat manusia yang beraneka ragam sifat dan tabiatnya berbeda-beda warna kulit dan kecerdasan.DI SADUR DARI http://cc.domaindlx.com/ilma/ilmanabi.htm

pusi

KEMERDEKAAN
By; Nurmilawati

Kemerdekaan…!
Di negeri ini aku merdeka
Di negeri ini aku terlahir
Dan dengan sentuhan manismu
aku mempunyai semangat hidup
Hingga saat ini…
Aku terus mempunyai semangat hidup
Seakan semangatku takkan pernah hilang
Kesuburan tanahmu
seakan mengoyakkan hatiku
untuk terus merdekaHingga saat ini
akau akan terus merdeka

By:Rafidha
Busana Muslimku….
Kau indah di pandang mata
Tiap aku mengenakamu
Aku selalu merasa aman terjaga
Busana Muslimku
Menjulur menutupi tubuh dan hatiku
Dari dengki ,dari maksiatDari dosa,dari semua kezaliman
Busana Muslim ku…
Teruslah berad dihatiku
Teruslah menjaga tubuhku
Agar identitas muslimku dikenali

Kerusakan
By;Novilia
Zaman semakin cepat memburu
satu persatu anak manusia akan terpacu
Berhias bahkan bertinju
Menumpuk kedengkian yang slalu melajuKerusakan
dalam kehidupanYang terlihat dosa b ergantungan
Nilai agama pudar ditelan keserakahan
Lalu kita mencari kebahagiaan
Lihatlah zalimnya kehidupan
Yang dibangun tanpa mengenal tuhan
Sifatnya seperti sifat hewan
Maka manusia mati di jurang kebinasaan
Namun allah masih menjaga kita
memberikan kesempatan memperbaiki diri
Menghadirkan ulama menerangi jiwa
Untuk membuka pintu hati

Ketika Takluknya Preman Kelas

IMAJI II
Ketika Takluknya Preman Kelas

By: Hijrah*
Ranilda adalah anak terpintar di kelasnya ,diantaranya adalah pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Dimana mata pelajaran ini sangat menjengkelkan bagi kelompok ardi CS ,ardi adalah anak yang paling susah di ataur,pada suatuhari bu Ima guru bahasa inggris mengadakan ulangan mendadak dan itu membuat ardi dan teman temannya kesal,gelaisah,ahirnya mereka memutuskan untuk salaing nyontek,.Setelah semua soal selesai dibacakan oleh bu ina,Ranilda pun mulai mengerjakan soal persoal tersebut dengan tenang.Tetapi ardi yang bandel tiba-tiba memaksa Ranilda untuk melihatkan pekerjaannya. Dia berkata:“eh…kuda nil…lihat dong.KAmu kok pelit betul sih.”kata ardi memaksa“aku kasih tau yach…aku itu nggak pelit,tapi kali ini I’am sorry nggak ada waktu buat kamu.”balas ranildaArdi pun sangat marah melihat kelakuan Ranilda terhadapnya.Dan tanpa sepengetahuan Ranilda dia menyontek dari belakang.Tetapi hal itu tidak berlangsung lama karena tiba-tiba Ranilda mengetahui akan hal itu. Dan Ranildapun berteriak sehingga didengar oleh Bu Ina.Akhirnya Ardipun dihukum.Semua temannya memberi hu…………Dan Ardi sangat merasa malu akan hal itu,dia berjanji untuk membalas Semua ini kepada Ranilda.Setelah pelajaran selesai,anak-anak bergegas untuk pulang kerumah masing-masing,kecuali ardi dan kelompoknya.tiba-tiba ia menghampiri Ranilda dan menarik jilbabnya sehingga jilbabnya robek.Dan Ranilda pun sangat marah akan hal itu“kamu ini apa-apaan sih Ardi” Kata Ranilda Marah.“aku kasih tau yach…..selama aku hidup di dunia ini jangan sekali –kali kamu akan mengira bahwa hidup kamu akan bahagia.karena kamu juga telah mempermalukan aku…...gerti!!! Kata ardi dengan serius.”tapi apa….udah deh kamu ngga usah pura-pura.yang jelas nanti soreh aku tunggu kamu di tempat kumpulan aku,karena aku liat hampir setiap saat kamu lewat situ ok! Kata ardi.dan pada saat itu dia pun langsung pergi meninggalkan ranilda.ranilda masih heran akan hal itu…..tapi bagi dia itu semua hanya omong kosong.dan dia juga berjanji untuk menunjukkan keberaniannya walaupun seorang cewek.Waktu pun telah tiba,ranilda pun berangkat dan kebetulan waktu itu,dia memang mau pergi latihan karate.ranilda segaja berangkat lebih cepat karena dia juga telah melakukan rencana.setelah itu,ardi pun menelpon dan dia berkata bahwa kamu (ranilda) telah melanggar perjanjian.tetapi kata ranilda itu semua tidak betul,lalu ia pun menceritakan bahwa tadinya dia lewat,terus di tempat kumpulan itu belum ada orang sama sekali.kata ranilda mencari alasan .diapun menyuruh ardi menemuinya di jln .bunga no.11 karena di situ tempatnya latihan.sesampainya di sana alangkah terkejutnya ardi melihat ranilda yang ternyata jago karate.dia bahkan mampu menjatuhkan lawannya.ardi pun berkata dalam hatinya: buset dah ini cewek ,ternyata lebih jago karate dari pada aku.Aku harus minta maaf sebelum terlambat.kalau ngga bisa-bisa aku habis dihantam sama dia.Tetapi itu semua itu hanya rekayasa ranilda.dia sengaja mengajak kompromi teman-temannya. Akhirnya sejak saat itu ardi menyesali perbuatan konyol nya selama ini dan diapun tidak perna lagi menganggap wanita itu lemah.begitu hal nya dengan ranilda dia merasa sagat banga kerena telah menaklukkan preman di kelasnya.mulai saat itu ardi menjadi anak yang rajin.*(penulis adalah Siswa kelas III SMP Islam DDI Sengata)