selamat datang ......



Assalamu alaikum warahamatullahi wabarakatuh….Puji syukur kehadirat Allah SWT,salawat pada Nabi Muhammad SAW, selamat datang, diruang warna warni ini mohon tinggalkan saran agar blog ini makin indah

Kamis, Oktober 09, 2008

RPP PAI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.1

Sekolah : SMP Islam Ddi Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Indikator • Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah
• Menjelaskan pengertian "Al" Qamariyah
• Menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah
• Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah, "Al" Qamariyah dan menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah maupun Qamariyah.

Materi Pembelajaran
• Pengertian "Al" Syamsiyah
Hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
1. Pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
“Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyah. Jumlah huruf syamsiyah ada 14 huruf, yaitu huruf-huruf hijaiyah selain huruf-huruf qamariyah (seperti di bawah), yakni ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل. Cara membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan Idgham Syamsiyah ( إِدْغَامْ شَمْسِيَّةْ ) .

• Pengertian "Al" Qamariyah
2. Pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah.
“Al” Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Jumlah huruf qamariyah ada 14 huruf, seperti terangkum dalam rangkaian huruf atau kalimat: اَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَةْ yaitu huruf-huruf ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه ). Cara membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ).


3. Huruf-huruf Syamsiyah



4. Huruf-huruf Qamariyah




Metode Pembelajaran
5. Ceramah
6. Tanya jawab
7. CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti



• Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah.
• Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf syamsiyahd an qamariyah dalam kelompok masing-masing.
• Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah, menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik
• Tes tertulis

Bentuk Instrumen
• Tes uraian

Instrumen
1. Jelaskan pengertian “Al” Syamsiyah !
2. Sebutkan huruf-huruf syamsiyah !
3. Jelaskan pengertian “Al” Qamariyah !
4. Sebutkan huruf-huruf qamariyah!
5. Apakah arti lafal syamsiyah?
6. Apakah arti lafaz qamariyah?
7. Mengapa “Al” Syamsiyah disebut juga idgham syamsiyah?
8. Mengapa “Al” Qamariyah disebut juga izhar qamariyah?

Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.2


Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Kompetensi Dasar : 1.2. Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Indikator • Membedakan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi tulisan.
• Membedakan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi bacaan.
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dari segi tulisan maupun bacaan.

Materi Pembelajaran
• Perbedaan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi tulisan.
• Perbedaan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi bacaan.

Metode Pembelajaran
8. Ceramah
9. Tanya jawab
10. CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Guru bertanya mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dan qamariyah, siswa diperintahkan mencari pebedaannya dari segi tulisan.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh “Al” Syamsiyah dan qamari-yah bersama kelompoknya masing-masing.
• Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
• Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.



Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
• Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah.

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik:
Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
Tes isian

Instrumen:
1. Lafaz اَلْغَفُوْرُ mengandung bacaan “Al”
2. Lafaz اَلسَّلاَمُ mengandung bacaan “Al”
3. Ayat غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ mengandung bacaan “Al”
4. Ayat قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسٍ mengandung bacaan “Al”
5. Ketika membaca “Al” Syamsiyah, bunyi lam-nya melebur ke dalam huruf sesudahnya, sedangkan ketika membaca “Al” Qamariyah bunyi lam-nya





Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I
NIY;D-01 Syahida Said.S.Pd.I















































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.3


Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Kompetensi Dasar : 1.3. Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Indikator • Mepraktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan
• Mempraktekkan bacaan "Al" Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mepraktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan dengan benar.

Materi Pembelajaran
• Bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan
• Contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah.

No. Tertulis Dibaca Keterangan
1. اَلطَّآمَّةُ اَطْ طَاآمَّةُ اَلْ bertemu dengan huruf ط
2. اَلثَّاقِبُ اَثْ ثَاقِبُ اَلْ bertemu dengan huruf ث
3. اَلصَّبُوْرُ اَصْ صَبُوْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ص
4. اَلرَّحِيْمُ اَرْ رَحِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ر
5. اَلتَّوَّابُ اَتْ تَوَّابُ اَلْ bertemu dengan huruf ت
6. اَلضُّحىٰ اَضْ ضُحىٰ اَلْ bertemu dengan huruf ض
7. اَلذِّكْرُ اَذْ ذِكْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ذ
8. اَلنَّعِيْمُ اَنْ نَعِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ن
9. اَلدَّاعِىْ اَدْ دَاعِىْ اَلْ bertemu dengan huruf د
10. اَلسَّمِيْعُ اَسْ سَمِيْعُ اَلْ bertemu dengan huruf س
11. اَلظِّلُّ اَظْ ظِلُّ اَلْ bertemu dengan huruf ظ
12. اَلزُّوْرُ اَزْ زُوْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ز
13. اَلشَّكُوْرُ اَشْ شَكُوْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ش
14. اَللَّيْلُ اَلْ لَيْلُ اَلْ bertemu dengan huruf ل


• Bacaan "Al" Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan
• Contoh-contoh bacaan “Al” Qamariyah.

No. Tertulis Dibaca Keterangan
1. اَْلاَحَدُ اَلْ اَحَدُ اَلْ bertemu dengan huruf أ
2. اَْلبَصِيْرُ اَلْ بَصِيْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ب
3. اَْلغَفُوْرُ اَلْ غَفُوْرُ اَلْ bertemu dengan huruf غ
4. اَْلحَلِيْمُ اَلْ حَلِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ح
5. اَْلجَحِيْمُ اَلْ جَحِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ج
6. اَْلكَرِيْمُ اَلْ كَرِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ك
7. اَْلوَدُوْدُ اَلْ وَدُوْدُ اَلْ bertemu dengan huruf و
8. اَْلخَبِيْرُ اَلْ خَبِيْرُ اَلْ bertemu dengan huruf خ
9. اَْلفَتَّاحُ اَلْ فَتَّاحُ اَلْ bertemu dengan huruf ف
10. اَْلعَلِيْمُ اَلْ عَلِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ع
11. اَْلقَدِيْرُ اَلْ قَدِيْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ق
12. اَْليَوْمُ اَلْ يَوْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ي
13. اَْلمُؤْمِنُ اَلْ مُؤْمِنُ اَلْ bertemu dengan huruf م
14. اَْلهَادِىْ اَلْ هَادِىْ اَلْ bertemu dengan huruf ه



Metode Pembelajaran
11. Ceramah
12. Tanya jawab
13. CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan “Al’ Syamsiyah dan Qamariyah.
• Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
• Guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik
Tes unjuk kerja

Bentuk Instrumen
Tes identifikasi

Instrumen

Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan memperhatikan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah!
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ  كَلاَّ لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ
الَّذِينَ امَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ  أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ
كَلاَّ لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِ  يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ

Rubrik/Pedoman penilaian:

Aspek yg dinilai Indikator kemampuan Nilai
• Kelancaran
• Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah
• Makhraj • Membaca dengan lancar
• Tidak melakukan kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 100
• Membaca dengan lancar
• Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 90
• Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 80
• Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 70
• Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 60
• Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 50

Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01



















































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.1

Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar : 9.1. Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Indikator • Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin
• Menjelaskan pengertian mim mati
• Menyebutkan pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
• Menyebutkan pembagian hukum bacaan mim mati
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menguasai konsep mengenai hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.

Materi Pembelajaran
• Pengertian nun mati/tanwin
Bacaan nun mati /tanwin adalah ketuntuan membaca nun mati atau tanwin jika nun mati ?tanwin tersebut didikuti salah satu huruf hijaiyaah.
• Pengertian mim mati

Mim Mati atau sukun apabila didkuti dengan hruf hijaiyyah
• Pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
Ada beberapa macam bacaan nun mati/.tanwin Untuk lebih jelasnya simak bagan berikut
Macam macam bacaan Nun mati









Pembagian hukum bacaan mim mati






Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan nun mati/tanwin.
• Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian nun mati/tanwin serta pembagiannya.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
• Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
• Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mim mati.
• Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian mim mati serta pembagiannya.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
• Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.

Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik:
• Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
• Tes uraian

Instrumen:
1. Buatlah skema pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin!
2. Sebutkan huruf-huruf izhar!
3. Sebutkan huruf-huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah!
4. Sebutkan huruf-huruf ikhfa’!
5. Sebutkan huruf iqlab!
6. Buatlah skema pembagian hukum bacaan mim mati!
7. Sebutkan huruf-huruf izhar syafawi!
8. Sebutkan huruf-huruf ikhfa’ suafawi!
9. Sebutkan huruf idgham mimi!
10. Apakah perbedaan izhar khalqi dengan izhar syafawi?

Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.2

Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar : 9.2. Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Indikator • Membedakan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
• Membedakan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin berupa bacaan idzhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab; serta dapat membedakan hukum bacaan mim mati berupa idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.

Materi Pembelajaran
• Perbedaan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
a. Izhar
Izhar artinya terang atau jelas .Bacaan Izhar adalah bacaan nun mati/tanwin yang dibaca terang atau jelas,apabila di ikuti salah satu huruf Halqi,yaitu :Hamzah, ha’ ‘ain. Kha’ , ghain, kha’.
( ) Contoh:











b. Ikhfa
Bacaan ikhfa’artinya bacaan nun mati/tanwin dibaca samara samara yang disertai dengung. Nun mati/tanwin dibac samara samarapabila di ikuti
( )
Bacaan ikhfa denganketentua tersebut sering disebut dengan ikhfa haqiqi,karena harus benar benar di baca samara samara.
Contoh :








c. Idgham Bigunnah
Idgham artinya memasukkan susra nun mati /tanwin kedalam suara huruf didepannya,sehingga suara huruf nun mati/tanwin mengalami perubahan suara karena bercampur denganbunyi huruf didepannya.perubahan suara tersebut di ikuti dengan suara berdengung.bentuk bacaan idgham bigunnah terjadi apabila nun mati/tanwin di ikuti dengan huruf wa,mim nun dan ya)
Bacaan idgham bigunnah disebut juga iudgam ma’al gunna artinya memasukka suara nun mati atau tanwin yang disertai dengan suara berdengung.

Contoh















d. Idgam Bilagunna
Idgam bilagunnah artinya memasukkan suara nun mati/tanwin dalam suara huruf di depannya denganbtidak berdengung. Perubahan tersebut terjadi apa bila ada nun mati/tanwin di ikuti huruf lam atau ra

Contoh:









c. Iqlab artinya adalah berubahnya suara nun mati atau tanwin menjadi suara huruf mim yang disebabkan adanya huruf ba ( ) setelah nun atau tanwin tersebut. Berubahnya bacaan nun mati atau tanwin yang disebabkan berhadapan dengan huruf ba tersebut disertai dengan berdengung /samara samara.perubahan tersebut terjadi pada suara bacaannya,tidak termasuk tulisannya

Contoh :




















Macam Macam bacaan mim mati

1. Izhar syafawi :
Izhar artinya artinya terang atau jelas sedangkan syafawi berasal dari kata syafataun artinya bibi. Bacaan izhar syafawi adalah bacaan yang di baca terang atau jelas. Sedangkjan makhraj (tempat keluarnya ) huruf berada didbibr huruf yang di baca terang pada bacaan ini adalah huruf mim ( ) didikuti salah satu huruf hijaiyaah kecuali mim dan ba ( , )
Contoh ;
















c.Ikhfa syafawi
bacaan Ikhfa Syafawi adalah bacaan yangdi baca samara samara suara bacaannya berada di bibir.di sebut bacaan ikhfa syafawi apabila ada huruf mim ( ) di ikuti salah satu huruf hijaiyyah kecuali ba ( ) cara membacanya adalah dengan samar- samara. Makhraj mim( ) dan ba ( ) berada di bibir.Contoh :














d. Idgam Mutamasilain atau idgam mimi
Dikatakan idgam mutamasilain karena ada du huruf yang sama berhadapan, yakni mim mati bertemu dengan huruf mim ( ) .Dikatakan idgam mim karena huruf mim berhadapan dengan huruf mim.
Cara membacanya adalah dengan memasukkan suara huruf mim mati kedalam huruf mim di depannya yang di sertai dengan mendengung.
Contoh :















Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab bersama kelompoknya masing-masing.
• Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
• Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
• Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi bersama kelompoknya masing-masing.
• Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
• Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.

Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
• Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran

Penilaian

Teknik:
Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
Tes isian

Instrumen:
1. Lafaz مِنْهُمَا mengandung bacaan
2. Lafaz فَأَنْبَتَ mengandung bacaan
3. Ayat صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ mengandung bacaan
4. Ayat وَاللهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ mengandung bacaan
5. Lafaz أَمْوَالَهُمْ mengandung bacaan
6. Lafaz عَلَيْكُمْ بِمَا mengandung bacaan
7. Ayat إِنْ كُنْتُمْ مُوقِنِينَ mengandung bacaan


Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01
























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.3

Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar : 9.3. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Indikator • Mempraktikkan bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan
• Mempraktikkan bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mepraktekkan bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam ayat-ayat pilihan dengan benar.

2. Materi Pembelajaran :

QS. Alqadar ayat 1-5









b. Qs. Al- Fiil ayat:




• Bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan




Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru menyajikan ayat-ayat pilihan (surat al Ghasiyah atau surat lain) yang banyak mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
• Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
• Guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik:
• Tes unjuk kerja

Bentuk Instrumen:
• Tes identifikasi

Instrumen:

Bacalah ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati!
هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةِ (۱) وُجُوْهٌ يَّوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ (٢) عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ (٣) تَصْلى نَارًا حَامِيَةً (٤) تُسْقى مِنْ عَيْنٍ انِيَةٍ (٥) لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلاَّ مِنْ ضَرِيْعٍ (٦) لاَ يُسْمِنُ وَلاَ يُغْنِيْ مِنْ جُوْعٍ (٧) وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ نَاعِمَةٌ (٨)

Rubrik/pedoman penilaian:

Aspek yg dinilai Indikator kemampuan Nilai
• Kelancaran
• Bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati
• Makhraj • Membaca dengan lancar
• Tidak melakukan kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 100
• Membaca dengan lancar
• Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 90
• Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 80
• Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 70
• Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 60
• Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 50



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.1

Sekolah : SMP Islam Ddi Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Indikator • Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah
• Menjelaskan pengertian "Al" Qamariyah
• Menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah
• Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah, "Al" Qamariyah dan menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah maupun Qamariyah.

Materi Pembelajaran
• Pengertian "Al" Syamsiyah
Hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
1. Pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
“Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyah. Jumlah huruf syamsiyah ada 14 huruf, yaitu huruf-huruf hijaiyah selain huruf-huruf qamariyah (seperti di bawah), yakni ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل. Cara membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan Idgham Syamsiyah ( إِدْغَامْ شَمْسِيَّةْ ) .

• Pengertian "Al" Qamariyah
2. Pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah.
“Al” Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Jumlah huruf qamariyah ada 14 huruf, seperti terangkum dalam rangkaian huruf atau kalimat: اَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَةْ yaitu huruf-huruf ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه ). Cara membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ).


3. Huruf-huruf Syamsiyah



4. Huruf-huruf Qamariyah




Metode Pembelajaran
5. Ceramah
6. Tanya jawab
7. CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti



• Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah.
• Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf syamsiyahd an qamariyah dalam kelompok masing-masing.
• Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah, menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik
• Tes tertulis

Bentuk Instrumen
• Tes uraian

Instrumen
1. Jelaskan pengertian “Al” Syamsiyah !
2. Sebutkan huruf-huruf syamsiyah !
3. Jelaskan pengertian “Al” Qamariyah !
4. Sebutkan huruf-huruf qamariyah!
5. Apakah arti lafal syamsiyah?
6. Apakah arti lafaz qamariyah?
7. Mengapa “Al” Syamsiyah disebut juga idgham syamsiyah?
8. Mengapa “Al” Qamariyah disebut juga izhar qamariyah?

Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.2


Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Kompetensi Dasar : 1.2. Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Indikator • Membedakan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi tulisan.
• Membedakan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi bacaan.
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dari segi tulisan maupun bacaan.

Materi Pembelajaran
• Perbedaan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi tulisan.
• Perbedaan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi bacaan.

Metode Pembelajaran
8. Ceramah
9. Tanya jawab
10. CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Guru bertanya mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dan qamariyah, siswa diperintahkan mencari pebedaannya dari segi tulisan.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh “Al” Syamsiyah dan qamari-yah bersama kelompoknya masing-masing.
• Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
• Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.



Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
• Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah.

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik:
Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
Tes isian

Instrumen:
1. Lafaz اَلْغَفُوْرُ mengandung bacaan “Al”
2. Lafaz اَلسَّلاَمُ mengandung bacaan “Al”
3. Ayat غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ mengandung bacaan “Al”
4. Ayat قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسٍ mengandung bacaan “Al”
5. Ketika membaca “Al” Syamsiyah, bunyi lam-nya melebur ke dalam huruf sesudahnya, sedangkan ketika membaca “Al” Qamariyah bunyi lam-nya





Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01














































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.3


Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Kompetensi Dasar : 1.3. Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Indikator • Mepraktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan
• Mempraktekkan bacaan "Al" Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mepraktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan dengan benar.

Materi Pembelajaran
• Bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan
• Contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah.

No. Tertulis Dibaca Keterangan
1. اَلطَّآمَّةُ اَطْ طَاآمَّةُ اَلْ bertemu dengan huruf ط
2. اَلثَّاقِبُ اَثْ ثَاقِبُ اَلْ bertemu dengan huruf ث
3. اَلصَّبُوْرُ اَصْ صَبُوْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ص
4. اَلرَّحِيْمُ اَرْ رَحِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ر
5. اَلتَّوَّابُ اَتْ تَوَّابُ اَلْ bertemu dengan huruf ت
6. اَلضُّحىٰ اَضْ ضُحىٰ اَلْ bertemu dengan huruf ض
7. اَلذِّكْرُ اَذْ ذِكْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ذ
8. اَلنَّعِيْمُ اَنْ نَعِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ن
9. اَلدَّاعِىْ اَدْ دَاعِىْ اَلْ bertemu dengan huruf د
10. اَلسَّمِيْعُ اَسْ سَمِيْعُ اَلْ bertemu dengan huruf س
11. اَلظِّلُّ اَظْ ظِلُّ اَلْ bertemu dengan huruf ظ
12. اَلزُّوْرُ اَزْ زُوْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ز
13. اَلشَّكُوْرُ اَشْ شَكُوْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ش
14. اَللَّيْلُ اَلْ لَيْلُ اَلْ bertemu dengan huruf ل


• Bacaan "Al" Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan
• Contoh-contoh bacaan “Al” Qamariyah.

No. Tertulis Dibaca Keterangan
1. اَْلاَحَدُ اَلْ اَحَدُ اَلْ bertemu dengan huruf أ
2. اَْلبَصِيْرُ اَلْ بَصِيْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ب
3. اَْلغَفُوْرُ اَلْ غَفُوْرُ اَلْ bertemu dengan huruf غ
4. اَْلحَلِيْمُ اَلْ حَلِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ح
5. اَْلجَحِيْمُ اَلْ جَحِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ج
6. اَْلكَرِيْمُ اَلْ كَرِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ك
7. اَْلوَدُوْدُ اَلْ وَدُوْدُ اَلْ bertemu dengan huruf و
8. اَْلخَبِيْرُ اَلْ خَبِيْرُ اَلْ bertemu dengan huruf خ
9. اَْلفَتَّاحُ اَلْ فَتَّاحُ اَلْ bertemu dengan huruf ف
10. اَْلعَلِيْمُ اَلْ عَلِيْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ع
11. اَْلقَدِيْرُ اَلْ قَدِيْرُ اَلْ bertemu dengan huruf ق
12. اَْليَوْمُ اَلْ يَوْمُ اَلْ bertemu dengan huruf ي
13. اَْلمُؤْمِنُ اَلْ مُؤْمِنُ اَلْ bertemu dengan huruf م
14. اَْلهَادِىْ اَلْ هَادِىْ اَلْ bertemu dengan huruf ه



Metode Pembelajaran
11. Ceramah
12. Tanya jawab
13. CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan “Al’ Syamsiyah dan Qamariyah.
• Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
• Guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik
Tes unjuk kerja

Bentuk Instrumen
Tes identifikasi

Instrumen

Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan memperhatikan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah!
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ  كَلاَّ لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ
الَّذِينَ امَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ  أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ
كَلاَّ لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِ  يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ

Rubrik/Pedoman penilaian:

Aspek yg dinilai Indikator kemampuan Nilai
• Kelancaran
• Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah
• Makhraj • Membaca dengan lancar
• Tidak melakukan kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 100
• Membaca dengan lancar
• Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 90
• Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 80
• Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 70
• Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 60
• Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya 50

Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01



















































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.1

Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar : 9.1. Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Indikator • Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin
• Menjelaskan pengertian mim mati
• Menyebutkan pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
• Menyebutkan pembagian hukum bacaan mim mati
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menguasai konsep mengenai hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.

Materi Pembelajaran
• Pengertian nun mati/tanwin
Bacaan nun mati /tanwin adalah ketuntuan membaca nun mati atau tanwin jika nun mati ?tanwin tersebut didikuti salah satu huruf hijaiyaah.
• Pengertian mim mati

Mim Mati atau sukun apabila didkuti dengan hruf hijaiyyah
• Pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
Ada beberapa macam bacaan nun mati/.tanwin Untuk lebih jelasnya simak bagan berikut
Macam macam bacaan Nun mati









Pembagian hukum bacaan mim mati






Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan nun mati/tanwin.
• Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian nun mati/tanwin serta pembagiannya.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
• Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
• Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mim mati.
• Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian mim mati serta pembagiannya.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
• Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.

Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik:
• Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
• Tes uraian

Instrumen:
1. Buatlah skema pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin!
2. Sebutkan huruf-huruf izhar!
3. Sebutkan huruf-huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah!
4. Sebutkan huruf-huruf ikhfa’!
5. Sebutkan huruf iqlab!
6. Buatlah skema pembagian hukum bacaan mim mati!
7. Sebutkan huruf-huruf izhar syafawi!
8. Sebutkan huruf-huruf ikhfa’ suafawi!
9. Sebutkan huruf idgham mimi!
10. Apakah perbedaan izhar khalqi dengan izhar syafawi?

Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.2

Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar : 9.2. Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Indikator • Membedakan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
• Membedakan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin berupa bacaan idzhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab; serta dapat membedakan hukum bacaan mim mati berupa idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.

Materi Pembelajaran
• Perbedaan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
a. Izhar
Izhar artinya terang atau jelas .Bacaan Izhar adalah bacaan nun mati/tanwin yang dibaca terang atau jelas,apabila di ikuti salah satu huruf Halqi,yaitu :Hamzah, ha’ ‘ain. Kha’ , ghain, kha’.
( ) Contoh:











b. Ikhfa
Bacaan ikhfa’artinya bacaan nun mati/tanwin dibaca samara samara yang disertai dengung. Nun mati/tanwin dibac samara samarapabila di ikuti
( )
Bacaan ikhfa denganketentua tersebut sering disebut dengan ikhfa haqiqi,karena harus benar benar di baca samara samara.
Contoh :








c. Idgham Bigunnah
Idgham artinya memasukkan susra nun mati /tanwin kedalam suara huruf didepannya,sehingga suara huruf nun mati/tanwin mengalami perubahan suara karena bercampur denganbunyi huruf didepannya.perubahan suara tersebut di ikuti dengan suara berdengung.bentuk bacaan idgham bigunnah terjadi apabila nun mati/tanwin di ikuti dengan huruf wa,mim nun dan ya)
Bacaan idgham bigunnah disebut juga iudgam ma’al gunna artinya memasukka suara nun mati atau tanwin yang disertai dengan suara berdengung.

Contoh















d. Idgam Bilagunna
Idgam bilagunnah artinya memasukkan suara nun mati/tanwin dalam suara huruf di depannya denganbtidak berdengung. Perubahan tersebut terjadi apa bila ada nun mati/tanwin di ikuti huruf lam atau ra

Contoh:









c. Iqlab artinya adalah berubahnya suara nun mati atau tanwin menjadi suara huruf mim yang disebabkan adanya huruf ba ( ) setelah nun atau tanwin tersebut. Berubahnya bacaan nun mati atau tanwin yang disebabkan berhadapan dengan huruf ba tersebut disertai dengan berdengung /samara samara.perubahan tersebut terjadi pada suara bacaannya,tidak termasuk tulisannya

Contoh :




















Macam Macam bacaan mim mati

1. Izhar syafawi :
Izhar artinya artinya terang atau jelas sedangkan syafawi berasal dari kata syafataun artinya bibi. Bacaan izhar syafawi adalah bacaan yang di baca terang atau jelas. Sedangkjan makhraj (tempat keluarnya ) huruf berada didbibr huruf yang di baca terang pada bacaan ini adalah huruf mim ( ) didikuti salah satu huruf hijaiyaah kecuali mim dan ba ( , )
Contoh ;
















c.Ikhfa syafawi
bacaan Ikhfa Syafawi adalah bacaan yangdi baca samara samara suara bacaannya berada di bibir.di sebut bacaan ikhfa syafawi apabila ada huruf mim ( ) di ikuti salah satu huruf hijaiyyah kecuali ba ( ) cara membacanya adalah dengan samar- samara. Makhraj mim( ) dan ba ( ) berada di bibir.Contoh :














d. Idgam Mutamasilain atau idgam mimi
Dikatakan idgam mutamasilain karena ada du huruf yang sama berhadapan, yakni mim mati bertemu dengan huruf mim ( ) .Dikatakan idgam mim karena huruf mim berhadapan dengan huruf mim.
Cara membacanya adalah dengan memasukkan suara huruf mim mati kedalam huruf mim di depannya yang di sertai dengan mendengung.
Contoh :















Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab bersama kelompoknya masing-masing.
• Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
• Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
• Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
• Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi bersama kelompoknya masing-masing.
• Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
• Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.

Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
• Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran

Penilaian

Teknik:
Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
Tes isian

Instrumen:
1. Lafaz مِنْهُمَا mengandung bacaan
2. Lafaz فَأَنْبَتَ mengandung bacaan
3. Ayat صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ mengandung bacaan
4. Ayat وَاللهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ mengandung bacaan
5. Lafaz أَمْوَالَهُمْ mengandung bacaan
6. Lafaz عَلَيْكُمْ بِمَا mengandung bacaan
7. Ayat إِنْ كُنْتُمْ مُوقِنِينَ mengandung bacaan


Sengata, 14 Juli 2008

Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




M.Arafah S.H.I Syahida Said.S.Pd.I
NIY;D-01
























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.3

Sekolah : SMP Islam DDI Sengata
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar : 9.3. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Indikator • Mempraktikkan bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan
• Mempraktikkan bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mepraktekkan bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam ayat-ayat pilihan dengan benar.

2. Materi Pembelajaran :

QS. Alqadar ayat 1-5









b. Qs. Al- Fiil ayat:




• Bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan




Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
• Guru menyajikan ayat-ayat pilihan (surat al Ghasiyah atau surat lain) yang banyak mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
• Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
• Guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
• Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Qur’an
• VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik:
• Tes unjuk kerja

Bentuk Instrumen:
• Tes identifikasi

Instrumen:

Bacalah ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati!
هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةِ (۱) وُجُوْهٌ يَّوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ (٢) عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ (٣) تَصْلى نَارًا حَامِيَةً (٤) تُسْقى مِنْ عَيْنٍ انِيَةٍ (٥) لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلاَّ مِنْ ضَرِيْعٍ (٦) لاَ يُسْمِنُ وَلاَ يُغْنِيْ مِنْ جُوْعٍ (٧) وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ نَاعِمَةٌ (٨)

Rubrik/pedoman penilaian:

Aspek yg dinilai Indikator kemampuan Nilai
• Kelancaran
• Bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati
• Makhraj • Membaca dengan lancar
• Tidak melakukan kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 100
• Membaca dengan lancar
• Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 90
• Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 80
• Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 70
• Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 60
• Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya 50

Tidak ada komentar: